Obat Gatal Seluruh Badan yang Aman

Penting bagi Anda untuk mengobati penyebab yang mendasari kondisi dan rasa gatal yang Anda alami. Namun, beberapa produk obat gatal-gatal seluruh badan juga dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakannya.

  • Antihistamin. Saat gatal-gatal menyerang, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini dapat mengurangi rasa gatal dengan mengurangi produksi histamin di kulit. Beberapa antihistamin menyebabkan kantuk dan disarankan dikonsumsi saat malam hari. Beberapa jenis antihistamin bisa dibeli langsung dari apotek, dan sebagian lain hanya bisa didapat dengan resep dokter. Antihistamin generasi kedua seperti loratadine atau cetirizine jarang menyebabkan kantuk. Jika Anda sedang hamil atau memiliki tekanan darah tinggi, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang aman dan sesuai.
  • Obat oles atau topikal. Ada beberapa produk krim, losion, atau bedak yang dapat membantu meringankan rasa gatal yang menyerang. Salah satu bahan yang dapat membantu meredakan gatal tersebut adalah capsaicin. Bicarakan dengan dokter atau apoteker mengenai dosis dan aturan pakainya.
  • Krim kortikosteroid. Krim kortikosteroid dapat digunakan sebagai obat gatal-gatal seluruh badan yang disebabkan oleh peradangan, terutama jika bagian yang gatal berwarna kemerahan. Untuk membantu agar tubuh menyerap krim kortikosteroid dengan cepat, Anda bisa menutup bagian yang sudah diolesi krim dengan kain yang basah atau lembap. Hal ini juga memberikan efek dingin pada kulit dan mengurangi gatal.   Hydrocortisone merupakan jenis kortikosteroid ringan, obat ini menghambat reaksi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu meredakan gejala pada kulit yang meradang dan gatal.
  • Antidepresan. Antidepresan golongan Selective Serotonine Reuptake Inhibitor (SSRI) seperti sertraline atau fluoxetine juga dapat membantu mengurangi berbagai jenis gatal pada kulit. Obat ini mendorong pelepasan serotonin yang bisa menekan reseptor di tubuh yang memicu rasa gatal. Namun penggunaan obat-obatan ini harus dalam pengawasan dokter, karena golongan obat ini adalah obat khusus yang umumnya digunakan untuk mengobati gangguan psikologis seperti depresi.
  • Terapi Cahaya (Fototerapi). Fototerapi dapat menjadi obat gatal-gatal seluruh badan. Pada terapi cahaya ini, kulit tubuh akan disinari oleh sinar ultraviolet dalam beberapa sesi untuk meredakan gatal. Terapi sinar ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan gatal yang sebelumnya tidak mereda setelah penggunaan obat-obatan. Namun terapi sinar memiliki beberapa kekurangan yaitu relatif mahal dan dapat menyebabkan efek samping berupa ruam kemerahan serta rasa panas atau terbakar pada kulit.
  • Obat Alternatif. Untuk gatal yang berhubungan dengan stres, Anda dapat melakukan beberapa langkah pengobatan alternatif seperti meditasi, akupuntur, atau yoga. Kuncinya adalah menghentikan kebiasaan menggaruk ketika muncul rasa gatal dan menerapkan pengelolaan stres yang baik.
  • Gel terbuat dari tanaman. Cobalah produk berbahan dasar tanaman seperti lidah buaya untuk gatal ringan yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari atau gigitan nyamuk. Obat-obatan tersebut bisa Anda beli di toko obat tanpa menggunakan resep dokter. Tetapi jika Anda memiliki alergi dengan bahan pada produk obat ini, Anda tidak bisa menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *