Bagaimana cara mengobati gatal tiba-tiba?

Sebisa mungkin hindari untuk menggaruk gatal tersebut. Tekan-tekan kulit ketika terasa gatal. Untuk meringankan gatal-gatal, kompres area kulit yang gatal dengan handuk yang telah dibasahi larutan saline, atau luluran dengan bubur oatmeal dingin. Obat-obatan nonresep seperti bedak calamine tidak sepenuhnya terbukti ampuh, namun banyak bukti yang melaporkan penggunaan calamine dapat meredakan gatal dan aman digunakan untuk ibu hamil.

Menemukan akar masalah dari gatal dan penyakit yang mungkin mendasarinya adalah langkah pertama dalam pengobatan gatal tiba-tiba, sehingga pengobatan akan disesuaikan dengan terapi penyakit tersebut. Jika reaksi obat diduga sebagai penyebab keluhan gatal di seluruh tubuh, beralih ke obat berbeda dapat mengurangi rasa gatal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati gatal, termasuk antihistamin dan steroid topikal. Pil steroid dan antibiotik mungkin juga diperlukan — namun sangat jarang.

Untuk melindungi kulit dari gatal tiba-tiba di kemudian hari, lakukan ini:

Oleskan pelembab kulit khusus kulit sensitif. Pelembab ini bisa meredakan gatal akibat kulit kering
Gunakan tabir surya secara teratur untuk mencegah kulit terbakar matahari dan kerusakan kulit
Gunakan sabun mandi dan deterjen cuci ringan yang tidak akan mengiritasi kulit Anda
Mandi air dingin atau hangat suam kuku — jangan air panas
Gunakan pakaian longgar dan perlengkapan tidur (seprai, selimut, sarung bantal dan guling) yang terbuat katun
Produk-produk tertentu seperti perhiasan, parfum, kosmetik, jam tangan besi, dan nikel dapat memicu reaksi alergi yang ditandai oleh iritasi kulit gatal. Cari tahu apakah produk-produk tersebut menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Hindari pemakaian produk-produk yang mengiritasi.
Minum banyak cairan, misalnya air putih, jus buah, buah potong segar, atau sup. Hindari makan terlalu banyak nanas atau mangga karena dua buah ini dapat menyebabkan gatal lebih parah. Tingkatkan asupan sayuran berdaun hijau dan kurangi konsumsi gorengan, makanan berminyak, makanan cepat saji, telur, dan daging merah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *